Langkah Nyata Mendukung Transparansi Informasi

Ditulis oleh Fariz Panhegar   // April 28, 2011   // 1 komentar

Suara Mahasiswa Online, Universitas Indonesia- Selasa (26/4) Badan Otonom Pers Suara Mahasiswa (SUMA) UI menyelenggarakan Seminar Keterbukaan Informasi Publik dan Transparansi Anggaran. Seminar diadakan untuk sosialisasi kepada publik mengenai pentingnya transparansi informasi

Acara yang diselenggarakan pada Selasa, 26 April lalu di Auditorium Gedung M FISIP UI ini terdiri dari dua sesi dimana sesi pertama bertemakan “Keterbukaan Informasi Publik Kunci Sukses Demokrasi Indonesia” dan sesi selanjutnya bertemakan “Berantas Korupsi Melalui Transparansi Anggaran”.

LR Baskoro, Redaktur TEMPO, Abdurrahman Ma’mun, Komisioner Komisi Informasi Pusat, dan Ikhsan Darmawan, Dosen Ilmu Politik FISIP U mengisi pada sesi pertama dengan menarik. Pada sesi kedua seminar lebih hidup dari sebelumnya, tampak dari suasana humoris dalam ruang seminar yang dipicu oleh guyonan-guyonan pembicara yaitu Abdullah Hehamahua, Penasihat KPK, Abdullah Dahlan, Aktivis ICW, dan Vishnu Juwono, Kepala Humas UI. Para pembicara menyampaikan fakta-fakta menarik dan mengejutkan selama seminar, misalnya mengenai hutang negara Indonesia yang telah mencapai 1.727 triliun per Juli 2010.

Peserta seminar dari berbagai universitas dan lembaga hadir, bahkan ada peserta yang berasal dari Universitas Andalas. Ma’ruffi Kurnia, mahasiswa Teknik Sipil UI memberikan komentar positif atas acara seminar yang diketuai oleh Irfani Maqoma itu, “Membuka wawasan, memperkaya khasanah”.walaupun terbilang sukses, acara tersebut mendapat kritik dari Abdullah Hehamahua. Menurutnya, mahasiswa kurang serius menghadapi persoalan yang dibahas dalam seminar, salah satunya karena hanya ada alokasi waktu yang singkat untuk memaparkan materi seminar. Di samping kekecewaannya, Hehamahua pun menyampaikan harapan untuk mahasiswa untuk kebaikan negara di waktu yang akan datang, “Mahasiswa harus proaktif”, tandasnya seusai mengisi seminar.

Uniknya, seminar tidak lantas ditutup secara konvensional. Pada akhir acara dibentuk Forum Mahasiswa Peduli Transparansi Anggaran dengan deklarasi oleh mahasiswa-mahasiswa dari berbagai lembaga internal kampus maupun eksternal kampus. Deklarasi dipimpin oleh project officer seminar, Irfani Maqoma (Fakuktas Hukum 2009). Dalam deklarasi, Irfani menegaskan bahwa forum yang terbentuk merupakan perkumpulan yang berkesinambungan, bukan sekedar dibentuk lalu bubar.

 

Penulis- Ananda Putri`10 / SUMA UI

Penyunting- Fariz Panhegar`08 / SUMA UI


Berita Terkait

1 KOMENTAR

  1. By admin web, Oktober 1, 2020

    foto nya mana nih?

    Balas

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *