DORA, Give Blood Save Lives

Ditulis oleh Fariz Panhegar   // Mei 5, 2011   // 1 komentar

HaCkeD bY Al3x 0wn5 Foto: Ilustrasi

Suara Mahasiswa Online, Universitas Indonesia- Himpunan Mahasiswa Departemen (HMD) Fisika, FMIPA UI, mengadakan kegiatan Donor Darah (4/5) di gedung Bank Syariah Mandiri FMIPA UI. Acara yang disingkat DORA ini menggunakan tagline “Give Blood Save Lives”, bekerja sama dengan Palang Merah Indonesia (PMI) cabang Depok.

Mulai pukul 08.00 WIB sejumlah panitia sudah ada yang berdiri di depan gedung sambil mengajak beberapa mahasiswa yang lalu lalang untuk mendonorkan darah mereka. Antusiasme yang cukup tinggi dari mahasiswa FMIPA UI ternyata membuat panitia dan PMI kewalahan menyediakan kantung darah yang terbatas jumlahnya. Tidak hanya mahasiswa dari FMIPA, ada pula mahasiswa FISIP dan FIB yang turut datang mendonorkan darah mereka.

Kurang lebih ada 150 peserta yang mendaftarkan diri untuk mendonorkan darahnya. Namun banyak dari mereka yang dinyatakan tidak cukup sehat untuk mendonorkan darah. Persyaratannya antara lain berat harus di atas 47 kg dan tingkat hemoglobin mencukupi yaitu untuk perempuan minimal 12 gram, sedangkan untuk pria minimal 12,5 gram, dan yang paling penting pendonor belum pernah mengidap penyakit kronis dalam jangka waktu yang lama. Banyak peserta yang gugur karena tingkat hemoglobinnya di bawah persyaratan.

Salah satu peserta yang lolos seleksi, Aditya Permadi (18) mahasiswa jurusan Fisika, mengaku tertarik untuk donor darah karena selain untuk menyehatkan diri juga ingin beramal kepada orang lain. “Pertama kali donor darah nih, nervous rasanya. Tapi selama gue masih sehat mau aja untuk donor darah lagi”, komentar Aditya.

Dijadwalkan kegiatan selesai pada pukul 13.00 WIB. Sayangnya kantung darah yang disediakan PMI tidak cukup menampung peserta yang terus berdatangan untuk mendonorkan darahnya. Pukul 11.30 WIB kegiatan dihentikan karena kantung darah telah tercukupi. Sekitar 50 kantung darah terkumpul dalam kegiatan donor darah ini.

“Ini baru pengalaman pertama kami dari pihak HMD Fisika, setelah melihat antusias yang begitu tinggi dalam acara ini mungkin untung next event kita akan mengadakan dalam skala yang lebih besar yang didalamnya berisi tentang edukasi akan donor darah dan semacamnya!”, ungkap Reza Aditya Irawan, ketua panitia.

 

Penulis- Raisa Aurora`10 / SUMA UI

 


Berita Terkait

1 KOMENTAR

  1. By Achmad Andi K, Oktober 1, 2020

    wah seru yah :p
    sukses ya buat fisika, sampai2 dipuji korma tu, hhe

    Balas

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *