Aksi Mahasiswa di Hari Pendidikan Nasional

Ditulis oleh Fariz Panhegar   // Mei 8, 2011   // 0 komentar

Demo Bem UI Aksi Bem UI | Foto: Istimewa

Suara Mahasiswa Online, Universitas Indonesia- Jakarta (2/5) perwakilan mahasiswa UI dibawah naungan BEM UI melakukan audiensi dengan perwakilan dari Mendiknas menyambut hari pendidikan. Ada 5 hal menjadi tuntutan berkaitan dengan Pendidikan Nasional.

Galih ketua BEM FISIP mengatakan tuntutan itu adalah, pertama terkait dengan draft inisiatif DPR mengenai rancangan UU perguruan tinggi, pasall 88. Disana dijelaskan bahwa terdapat jatah minimal 20% untuk mahasiswa baru yang memiliki potensi akademik tinggi namun kurang mampu. Perwakilan mahasiwa UI menuntut kejelasan akan pernyataan tersebut.

Kedua, terkait PP no 6 tahun 2010. Disitu tertuang tentang alokasi 60%  alokasi mahasiswa baru dari jalur penerimaan Nasional. Perwakilan mahasiswa UI  juga meminta kejelasan akan pernyataan ini.

Ketiga berkaitan dengan status kerja pegawai UI dari BHMN ke PNS. Bersama dengan pekerja dan dosen perwakilan mahasiswa UI melakukan orasi di depan Istana Negara.

Keempat tentang kebijakan publik di kampus, dimana mahasiswa harus dilibatkan dalam pengambilan dan pengawasan keputusan kebijakan kampus.

Kelima terkait dengan organisasi kemahasiswaan, dengan meminta kepastian peraturan yang jelas tentang organisasi kemahasiswaan. Namun jangan sampai peraturan tersebut yang memungkinkan intervensi dari pemegang kebijakan yang ada di kampus.

Massa aksi awalnya bergabung dengan aksi Paguyuban Pekerja BHMN UI di depan istana merdeka. Setelah massa Paguyuban Pekerja BHMN UI bertolak ke melanjutkan aksi di Kampus UI Salemba rombongan aksi mahasiswa bertolak ke gedung Kementerian Pendidikan Nasional yang berada di bilangan Senayan.

Namun setelah sampai di Mendiknas hanya beberapa perwakilan saja yang di izinkan masuk kedalam gedung. Padahal rencana awal dari audiensi tersbut melibatkan semua perwakilan mahasiswa yang telah menyempatkan diri untuk hadir.

 

Penulis- Drajat Supangat`09 / SUMA UI

Penyunting- Fariz Panhegar`08 / SUMA UI


Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *