Mengenal Konservasi Beruang Madu di Balikpapan

Ditulis oleh Fariz Panhegar   // Mei 14, 2011   // 0 komentar

Beruang Madu by Yanuar Priambodo

Beruang Madu by Yanuar Priambodo

Jika anda menjejakkan kaki di Ibukota Kalimantan Timur ini, jangan lupa untuk singgah ke Hutan Lindung Sungai Wain. Di sana anda akan menjumpai ekosotisme fauna kebanggaan Balikpapan, Beruang Madu.

Kawasan Wisata Pendidikan Lingkungan Hidup Hutang Lindung Sunga Wain (HSLW) merupakan kawasan hutan konservasi yang dikelola oleh Badan Pengelola HSLW dan DAS Manggar sesuai SK Walikota Balikpapan No.14 tahun 2004. Di dalam kawasan wisata ini mereka mengonservasi Beruang Madu.

Pada jam-jam tertentu pengunjung dapat menyaksikan secara langsung bagaimana beruang-beruang tersebut mencari makan. Buah-buahan disiapkan petugas di beberapa titik dan mereka akan berjalan mencarinya. Pengunjung dapat melihat bagaimana beruang berjalan mengendus makanan, naik ke atas pohon, dan meraih buah-buahan tadi.

Selain dapat menyaksikan Beruang Madu secara langsung, pengunjung juga dapat belajar mengenai kelestarian hutan Kalimantan, Beruang Madu dan Orangutan melalui arena pendidikan yang sudah disiapkan oleh pengelola. Tempat wisata ini merupakan wisata yang edukatif, terutama untuk mengajarkan pentingnya lingkungan hidup bagi anak-anak.

Kawasan wisata ini juga memelihara puluhan kucing. Disekeliling gazebonya anda dapat menjumpai kucing-kucing yang gemuk dengan bulu-bulu cantik berkeliaran. Kucing-kucing ini dirawat dengan baik oleh pengelola. Mereka semua sangat jinak. Mereka dimandikan apabila kotor, dan diberi makan yang ‘mewah’, seperti misalnya produk makanan kucing ternama Whiskas. Maka jangan heran jika kucing-kucing itu betah tinggal di sana.

Semua kenyamanan fasilitas diatas dapat anda nikmati dengan gratis. Hal yang terpenting adalah anda dapat memahami betapa pentingnya kelestarian hutan, beserta flora dan faunanya bagi masa depan Indonesia. Dengan demikian kita dapat lebih bijak dan berbagi kelestarian alam dengan anak cucu kita kelak.
Salam Penjamah Indonesia !

Adi Pratama


Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *