Merasakan ‘Peace’ di Lombok

Ditulis oleh admin web   // Juni 14, 2011   // 0 komentar

Bermain air di gili air |Dian Kusumawardhani/SUMA Bermain air di gili air |Dian Kusumawardhani/SUMA

Saya teringat quotation seorang teman, “Jika anda telah mengelilingi indonesia maka anda telah mengelilingi dunia”. Berlebihan memang, tapi begitulah pengungkapan kekaguman orang terhadap keelokan alam di negeri ini. percaya tidak percaya, taman bawah laut, gunung, pantai, budaya khas kita termasuk nomor wahid di dunia. Belum lagi flora fauna, seperti komodo yang hanya ada di di satu tempat di belahan bumi ini yaitu pulau komodo.

Lombok,sebuah pulau yang terletak di nusa tenggara barat, juga menyimpan keindahan alam dengan keunikannya yang belum tentu kita dapati di tempat lain. Ada gili trawangan yang terkenal dengan pesta setiap harinya (Party), pantai kuta dan mawun yang siap memberikan anda kedamaian (Peace) serta masyarakat yang masih teguh menghambakan diri pada penciptanya (Pray).

PEACE

Mencari ketentraman dan melepaskan penat dari aktivitas sehari-hari menjadi salah satu tujuan kebanyakan orang untuk berlibur. Jika termasuk salah satu dari golongan diatas, maka anda wajib mengunjungi pantai kuta dan pantai mawun di selatan Lombok. Datangi kedua pantai ini, karena pesona PEACE yang ditawarkan sungguh berbeda.

Kuta lombok tidak seperti kuta bali yang sangat ramai oleh wisatawan. Disini, wisatawan masih belum se-jamak kawasan idola di pulau dewata itu. Tapi jangan salah, pesona alam yang dimiliki tidak kalah dibandingkan kuta bali.

Pantai Mawun | Dian Kusumawardhani/SUMA

Pantai Mawun | Dian Kusumawardhani/SUMA

Kuta lombok mempunyai pasir yang berbulir sebesar merica. pasir seperti ini membuat  kita nyaman menghempaskan badan dan tidur-tiduran di pantai tanpa takut lengket. Batu karang setinggi kira-kira 10 meter  berada di sebelah barat pantai. Tak jauh dari sana, terdapat perbukitan hijau yang menjadi ujung barat dari pantai kuta. Batu karang ini menjadi titik yang cukup bagus untuk mengambil beberapa foto selain batu karang lainnya yang terletak lebih dekat dengan bibir pantai.  Jika anda punya waktu untuk berlama-lama di pantai ini, ada baiknya untuk surfing. Kalaupun tidak bisa, jangan takut, setiap sore ada pelatihan surfing. Pilihan lain, kita bisa berjemur sambil bersenda gurau dengan kerabat.

Setelah menikmati pantai kuta, ada baiknya tujuan diarahkan ke pantai mawun yang terkenal sepi dan eksotik. Jika sedang beruntung, hanya anda dan rombongan saja yang ada disini (privat beach). Laut jernih, pasir putih dan pantai yang bersih menjadi ciri khas tempat ini. terletak pada sebuah teluk, membuat lautnya tenang meskipun ombaknya lumayan besar. Bermain air , pasir dan berenang menjadi opsi yang bagus bagi para wisatawan.

PRAY

kebanyakan warga lombok memeluk agama islam. Dengan mudah kita jumpai masjid di daerah ini. masyarakatnya  teguh dalam memeluk agama. Ini terlihat dari aktifitas warganya yang rajin melaksanakan ritual keagamaan.

Selama bulan ramadhan warga ramai ke tempat ibadah. Mereka melakukan sholat berjamaah serta tarawihan di mesjid. Ada salah satu kegiatan yang sudah membudaya bagi masyarakat  selama bulan puasa, yaitu bermain bola api sehabis tarawih. Ini tontonan yang tidak boleh anda lewatkatkan, karena hanya ada pada bulan tertentu saja (ramadhan).

Lombok terus berbenah untuk menyamai bahkan mengalahkan popularitas bali dalam hal pariwisata internasional. para turis terus berdatangan dengan membawa budaya dan gaya hidupnya masing masing. Tapi itu tidak menggerus budaya local dan keyakinan dari warga lombok. Mesjid tetap ramai dan suara azan lantang menggema di bumi sasak.

PARTY

Last but not least, tempat wisata yang wajib kita kunjungi berikutnya adalah pulau gili trawangan. Pulau yang menjadi salah satu tujuan utama wisatawan mancanegara ini terletak di lombok bagian barat. Merupakan bagian dari gugusan kepulauan 3 gili yang terdiri dari gili meno, gili air dan gili trawangan .

Gili trawangan menyimpan keindahan dan keunikan tersendiri. Terumbu karang yang indah dan masih terjaga juga beragam jenis ikan di bawah lautnya serta pantai bersih nan jernih menjadi daya tarik pulau ini. tidak adanya polisi serta polusi ikut menambah pesona gili trawangan. Yang ada hanya kepala dusun untuk mengurus izin serta berbagai prosedur. Tindak kecurianpun jarang terjadi . polusi tidak ada karena kendaraan bermotor tidak di perkenankan. Moda transportasi yang tersedia adalah cidomo (delman) dan sepeda.

 

Suasana malam di Gili Trawangan | Dian Kusumawardhani/SUMA

Suasana malam di Gili Trawangan | Dian Kusumawardhani/SUMA

Siang hari kita dapat mengikuti tur snorkeling ke tiga spot yang ada di sekeliling 3 gili. Tour diving juga tersedia. Sertifikat PADI untuk izin diving ini bisa didapatkan dengan pelatihan selama 2 hari yang disediakan oleh sebuah institusi yang juga berkantor di trawangan. Bersepeda keliling pulau serta berjemur dan bermain di pantai bisa menjadi opsi lain selama kita berada di gili ini.

Suasana PARTY terasa ketika malam datang. Kehidupan di malam hari berpusat di jalan SENTRAL. Dijalan ini terdapat kafé, restoran,  pusat oleh-oleh, jajanan dan lainnya.

Di sepanjang jalan kita akan dihibur oleh beragam jenis musik yang diputar silih berganti di setiap kafe. Para wisatawan yang umumnya merupakan turis asing asik menikmati sajian minuman dengan sesekali bergoyang mengikuti irama musik. di sudut jalan lainnya, ada bioskop kecil yang di padu dengan café yang setiap malam memutar film film terbaru. pada saat saat tertentu ada saja acara yang disiapkan warga atau café setempat untuk menghibur para turis. Tema acara umumnya sama, yaitu PARTY.

Masih banyak tempat pelarian dari rutinitas kantor atau kuliah di lombok. Ada gili meno, gili air, pantai senggigi dan gunung rinjani yang berdiri dengan gagah di tengah pulau ini.

Saatnya jelajah lombok, karena di sini “peace, pray dan party tak pernah mati”

(Febrian Alsah)


Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *