Kampanye Calon Ketua BEM di FKG

Ditulis oleh Fariz Panhegar   // November 24, 2011   // 0 komentar

Rabu (23/11) rangkaian Roadshow Kampanye Calon Ketua dan Wakil Ketua BEM UI 2012 tiba di Fakultas Kedokteran Gigi UI untuk menyampaikan visi, misi, dan program mereka dalam upaya meraup suara di fakultas yang terletak di kampus Salemba ini.

Bertempat di Aula II Gedung A Fakultas Kedokteran Gigi UI, kedua pasang calon, pasangan Faldo Maldini-Rosidi Rizkiandi serta pasangan Kartini Makmur-Ryan Pradipta Putra dihadapkan dengan tiga panelis untuk mengeksplorasi sejauh mana mereka mampu memahami masa di FKG dan memaparkan maksud dan tujuan mereka untuk maju sebagai Ketua dan Wakil Ketua BEM UI 2012. Ketiga panelis adalah dr. Ali selaku Manajer Mahalum dan Kemahasiswaan FKG UI, Agidiptia Primaska yang menjabat Ketua BEM FKG UI 2011, dan Ayuditha yang merupakan salah satu representasi dari mahasiswa klinis FKG UI.

Sebuah permasalahan menarik dipertanyakan oleh dr. Ali terkait bagaimana para calon menyikapi isu BOP-Berkeadilan yang hanya dikhususkan kepada mahasiswa S-1 Reguler saja. “Mereka (mahasiswa FKG-red) tentu ingin menjadi dokter gigi, bukan hanya sebagai Sarjana Kedokteran Gigi. Sedangkan biaya profesi di UI ini cukup mahal 7,5-10 juta” ungkap dr. Ali.

Pasangan Faldo-Odi menganggap bahwa hal terpenting dari BOP Berkeadilan adalah representasi suara mahasiswa terkait kebijakan yang diambil dalam menentukan biaya, dan mereka telah menyiapkan kajian advokasi bekerjasama dengan lembaga auditor. Tidak jauh berbeda dengan Pasangan Kartini-Ryan yang menganggap bahwa permasalahan transparansi keuangan di UI juga perlu diawasi, selain itu kaitan bentuk Universitas dengan RUU PT yang akan dikeluarkan nanti akan sangat berpengaruh dengan permasalahan BOP Berkeadilan ini.

Tahun ini, roadshow kampanye di FKG terlihat lebih banyak dihadiri oleh para mahasiswa terutama mereka yang telah berada di jenjang klinis. Selain itu, menurut Asfina yang merupakan representasi DPM dari FKG menganggap bahwa kampanye di FKG tahun ini berlangsung lebih seru karena berjalan hampir selama empat jam. “Floor benar-benar ingin mengeksplor para calon terkait dengan perihal yang bisa mereka berikan kepada kami (FKG)” ujarnya.

Hal ini pun diamini oleh Wakil Ketua Panitia Pemira IKM UI 2011, Ahyana Rizky, ia mengatakan bahwa ini diluar ekspektasi dari panitia, karena bercermin dari tahun lalu kampanye hanya berlangsung tidak kurang dari dua jam saja.
Hal menarik lainnya terjadi ketika salah satu mahasiswa FKG meminta para calon untuk melakukan simulasi dalam mendapatkan bargaining ketika berdebat dengan petinggi rektorat, salah satu mahasiswa berperan sebagai rektor dan para calon mencoba untuk mempertahankan argumennya.
Tubagus Ramadhan


Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *