Kemandirian dalam Seminar UI Studentpreneurs 2011

Ditulis oleh Fariz Panhegar   // November 24, 2011   // 0 komentar

Menjadi wirausaha merupakan tantangan tersendiri bagi mahasiswa untuk mengasah kemandiriannya. Untuk itu, Departemen Kewirausahaan dan Kepemimpinan Bem FE UI mengadakan seminar UI Studentpreneurs 2011 (22/11) di Balai Sidang UI, Depok.
Menurut Aditya Rian Anggoro, project officer UI Studentpreneurs 2011, anak muda sekarang terutama mahasiswa cenderung menjadi tenaga profesional. “UI tidak punya spirit entrepreneur, kita bahkan tidak punya ikon seperti IPB, UGM, dan ITB yang banyak menghasilkan enterpreneur padahal UI memiliki segalanya untuk mencetak seorang entrepreneur,” tambahnya dalam wawancara dengan Suara Mahasiswa. Oleh karena itu, seminar ini mengusung tema “The New Era of Student Future”. Hal ini diungkapkan oleh Aditya,  “Mulai komunitas ini berdiri paradigma ini kita ubah. Saatnya UI mempunyai kekuatan entrepreneurship.”

Pembicara berasal dari berbagai generasi seperti  Bambang Sutantio, PT Cisarua Montain Dairy/ Cimmory hingga Elang Gumilang, pemenang wirausaha muda mandiri. Tidak kalah membakar semangat,  Raja Sapta Otohari, Ketua HIPMI 2011- 2013, Rahadjo Ramelan, Komisaris Utama PT Sarana Ventura Jabar, dan Fahira Fahmi Idris, Ketua Asosiasi Pengusaha Parcel Indonesia, turut menjadi pembicara dalam seminar kali ini. Mereka menjadi semangat mahasiswa untuk tetap bangkit dan mencoba hal baru dalam berbisnis. “Acara ini menjadi pembangkit semangat bagi kita yang memiliki minat di dunia kewirausahaan,” ungkap Kelik Bayundra, mahasiswa FE UI 2010.

Seminar UI Studentpreneurs mengajarkan peserta untuk mendapatkan rekan bisnis yang baik, peluang bisnis, bangkit dari keterpurukan, dan pengalaman dalam berbisnis. “Kita tidak hanya menerima takdir, tetapi memindahkan dari takdir yang satu ke takdir yang lain,” ujar Elang Gumilang dengan penuh semangat. Dalam seminat tersebut, diumumkan pemenang UI Studentpreneurs Academy and Exhibition. Juara pertama diraih oleh Fachry Yaqub. Juara kedua diraih oleh Naufal Zulfahmi. Juara ketiga diraih oleh Melinda Nurimanisa. Acara UI Studentpreneurs 2011 yang dilaksanakan sejak bulan Juli, diakhiri dengan peresmian HIPMI UI yang dinamakan UI Studentpreneurs.
Eki Kusumadewi


Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *