Audit Seminar, Training, and Visit 2011

Ditulis oleh Fariz Panhegar   // November 29, 2011   // 0 komentar

Audit Seminar, Training, and Visit merupakan acara tahunan yang diselenggarakan Studi Profesionalisme Akuntan (SPA) FEUI. Acara ini focus membahas tentang bidang audit. Tema yang diusung tahun 2011 ini adalah Data Processing Tools in Information and Technology Audit to Cope with Complex Business Transaction.

Latar belakang diusungnya tema ini tidak lain adalah perdagangan global yang sangat gencar masuk ke Indonesia. “jutaan transaksi harus diaudit setiap harinya karena perdagangan bebas, hampir mustahil menggunakan cara manual lagi” ungkap Rangga Yudystira Agam selaku Project Officer ATV 2011 ini. Selanjutnya Rangga menambahkan butuh sebuah tools untuk mengaudit jutaan transaksi tersebut. Sehingga ATV 2011 mencoba memperkenalkan tools yang cocok untuk digunakan dalam bidang audit di era perdagangan bebas ini kepada mahasiswa, akuntan dan masyarakat umum lainnya.

Acara ini diselenggarakan selama tiga hari berturut-turut dari tanggal 21-23 November 2011. Pada hari pertama diadakan seminar yang bertempat di Auditorium Suria Atmaja FEUI, Depok. Training software Audit Command Language (ACL) mengisi hari kedua acar ini. Dalam training ini bertindak sebagai trainer dari Power Waterhouse Cooper (PwC). Hari terakhir para peserta berkesempatan mengunjungi kantor PWC dan Astra Internasional untuk mengetahui praktek audit di lapangan.

Seminar Audit terbagi dalam tiga sesi. Sesi pertama bertema “Understanding Basic Things about Auditing to Analyze Suitable Audit Concept of Today Business”. Tampil sebagai pembicara adalah Mr. Susanto dari KPMG. Sesi ini membahas dasar-dasar audit dan bagaimana audit itu berperan dalam dunia kerja yang semakin mengandalkan Information Technology (IT) dan bagaimana penyesuaian dan manfaat IT dalam membantu Audit secara keseluruhan.

Tema “Exploring concept of IT Audit, as One of Today’s Conditional Technique of Audit” yang dibawakan oleh Mr. Novrika sebagai perwakilan dari PwC Indonesia mengisi sesi kedua seminar audit ini. Sesi ini membawa peserta untuk lebih mengetahui apa itu IT Audit , bagaimana melakukannya, dan apa saja peranan serta kemudahan yang diberikan IT audit dalam suatu perusahaan ataupun consulting firm dari pihak external.

Sesi terakhir diisi Talkshow dengan dua pakar audit, Mr.Wisnu sebagai Manager of Risk and Control Solution dari PwC dan Mr. Hartono Agus sebagai Vice President IT Internal Audit CIMB Niaga. Jumlah 250 tiket seminar yang habis terjual menunjukkan antusiasme berbagai kalangan tentang masalah audit. Peserta seminar tidak hanyha terdiri dari mahasiswa tetapi  akuntan,dan pelaku bisnis juga mengikuti seminar ini.

Pada tanggal 22 November 2011, acara training tentang software ACL berlangsung di Aula Student Center FEUI.  Sesi 1 dalam training ini membahas dasar-dasar penggunaan software tersebut dan pada sesi 2 peserta diberi sebuah case untuk mempraktekkan langsung  software tersebut. Training ini mendapat sambutan yang baik dari peserta dimana mereka puas dengan konsep training yang berbeda dan lebih menjurus ke praktek audit. Training dengan metode ini untuk pertama kalinya digunakan di ATV 2011.
Company visit pada hari ketiga dengan mengunjungi Astra Internasional dan kantor PwC menutup ATV 2011 dimana peserta dapat merasakan suasana sebenarnya untuk mengaudit jutaan transakasi PT Astra Internasional dan mendapat pengalaman dari auditor-auditor PwC.

Ahmad Syaifuddin


Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *