Penutupan Olimpiade UI 2011, Kita Semua adalah Pemenang!

Ditulis oleh Fariz Panhegar   // Desember 10, 2011   // 0 komentar

Pesta olahraga akbar Universitas Indonesia, Olimpiade UI 2011, telah berakhir dengan kemenangan yang tentu saja tak hanya milik sang juara umum, tapi milik kita bersama.

Jumat, (9/12) tepat waktu dini hari, closing ceremony Olimpiade UI 2011 resmi dilaksanakan di Gymnasium. Sebagai acara penutupan yang sekaligus merupakan rangkaian acara terakhir, Gymnasium UI banjir penonton. Apalagi sebelum upacara penutupan dilaksanakan, terlebih dulu digelar pertandingan bergengsi final basket putra dan putri.

Tak ayal, dua pertandingan yang mempertemukan FIB melawan FT (basket putri) dan FH melawan Program Vokasi (basket putra) ini menyedot animo para suporter dari fakultas-fakultas yang bertanding yang memang terkenal dengan jumlah massa nya yang besar. Pertandingan pertama dimenangkan oleh tim basket putri dari FIB sedangkan untuk kategori tim basket putra, FH berhasil menyabet medali emas.

Upacara penutupan sendiri dibuka dengan dance yang ditarikan oleh seluruh panitia Olimpiade 2011. Hiburan enerjik serupa cheerleading, penampilan penyanyi beat-box, hingga skateboarding pun ditampilkan untuk memeriahkan upacara penutupan. Hingga akhirnya, pengumuman juara umum dilaksanakan.

Sebuah kejutan terjadi, Fakultas Teknik keluar menjadi Juara Umum sekaligus mematahkan dominasi FISIP yang telah menjuarai Olimpiade UI selama tujuh kali berturut-turut. FT menjuarai Olimpiade UI dengan memenangkan 13 emas, 13 perak, dan 15 perunggu. FISIP, disisi lain, harus menerima berada di posisi kedua dengan perolehan 13 emas, 9 perak, 15 perunggu. Untuk posisi juara ketiga, FIB menjadi pemiliknya dengan mengumpulkan 9 emas, 6 perak, dan 9 perunggu.

Olimpiade UI 2011 yang digelar selama 26 hari sejak 14 November kali ini mengusung spirit Olimpiade Dunia yaitu respect, excellence, dan friendship. Respect dimaksudkan agar para mahasiswa dapat saling menghargai dan menghormati satu sama lain dan tak hanya antar pemain saja, tapi juga para suporter, official, dan siapa saja yang terlibat dalam pelaksanaan Olimpiade UI 2011. Excellence ditujukan untuk menggali potensi-potensi para mahasiswa di bidang olahraga. Yang terakhir adalah spirit friendship yang ditekankan dengan harapan bahwa Olimpiade UI 2011 akan mampu untuk mempersatukan seluruh mahasiswa UI.

Seperti disampaikan oleh Project Officer Olimpiade UI 2011, Esa, ”siapapun pemenangnya, bukan juara yang kami inginkan, tapi proses pembelajaran bagi kita semua yang kami hargai, juga bagaimana atmosfer olimpiade bisa dirasakan dan dinikmati oleh kita bersama”. Dengan semangat serupa, maka tak heran tagline yang diusung panitia adalah ‘One Atmosphere, One Victory’. Karena sejatinya, dalam olimpiade, kemenangan adalah milik bersama.

Civita Patriana


Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *