Rizal Djalil : UI Harus Memperbaiki Sistem Pengawasan Keuangan

Ditulis oleh admin web   // Maret 5, 2012   // 0 komentar

-Rizal Djalil dalam Pidatonya di Grand Launching ‘Jangan Diam Lawan Korupsi’ – Foto : Irfani Maqoma

Adanya temuan menyimpangan yang berpotensi merugikan negara hingga 41 Milyar menjadi Koreksi tersendiri bagi sistem pengawasan keuangan Universitas Indonesia. Rizal Djalil, Pimpinan BPK dalam acara launching gerakan UI Bersih memberikan koreksinya terhadap UI.

“harusnya lembaga audit kampus jangan sampai ada dibawah rektor,” ujar Rizal. Rizal menyatakan bahwa terdapat keanehan pada pemeriksaan yang dilakukan oleh Badan Audit Internal UI maupun oleh Kantor Akuntan Publik yang wajar tanpa pengecualian. Hal tersebut lah yang membuat BPK melakukan audit tujuan khusus pada UI.

Rizal juga menyatakan kritiknya terhadap pengawasan yang dilakukan oleh MWA UI. Rizal mengungkapkan keanehannya pada penyimpangan UI seputar kontrak pembangunan pada beberapa perusahaan kontraktor. ”bagaimana jadinya MWA tidak mengetahui adanya perjanjian dengan pihak ketiga?” ujar Rizal.

Selain kritik terhadap UI, Rizal juga menyatakan kritiknya pada Kementerian Keuangan, “belajar dari kasus ini, Kementerian Keuangan harusnya bisa lebih selektif terhadap usulan pembangunan yang diajukan pihak universitas,”

Teks : Irfani Maqoma


Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *