Madah Bahana UI Misi Budaya ke Thailand

Ditulis oleh admin web   // Maret 6, 2012   // 0 komentar

Marching  Band Madah Bahana UI berencana mengirimkan 127 orang pasukan yang lolos audisi dan menjadi satu-satunya wakil Indonesia untuk mengikuti Thailand International Marching Band Competition. Latihan yang dilakukan untuk mempersiapkan misi budaya ini sudah berjalan sejak tahun 2011 lalu dengan intensitas 4 kali dalam seminggu.

MBUI diperkirakan akan berangkat pada 25-30 Juli 2012 mendatang dan akan mengikuti 3 cabang lomba yakni, Grand Show, Drum Battle dan Parade. Untuk Grand Show MBUI akan menampilkan 4 lagu dan 4 movement namun sejauh ini persiapan masih sampai pada 3 lagu dan 2 movement. Sementara kompetisi Drum Battle yang hanya diperuntukkan bagi pasukan perkusi dan Parade di daerah Pattaya yang akan  membawakan beberapa lagu daerah belum ada latihan khusus. Hal ini dikarenakan fokus masih terpusat pada Grand Show.

“Belum dilatih karena memang lagunya lagu-lagu mudah yang march jadi belajarnya gampang. Jadi untuk persiapannya masih banyak yang harus dikerjain, karena dari yang Grand Show sendiri belom selesai, tapi udah dibikin sih timeline latihannya supaya selesai di waktunya” kata Steffianti Gunawan yang akrab disapa Tepi selaku Ketua Umum MBUI. MBUI menargetkan latihan selesai di bulan Juni, “jadi pas Juni itu paket semua sudah lengkap dan tinggal finishing,” tambahnya.

Ditanyai mengenai kendala,  Tepi  menuturkan bahwa kendala terbesar ada pada dana. Dana yang diberikan oleh pihak rektorat tidak cukup untuk menutupi dana yang sebagaimana harusnya. MBUI pun sejauh ini sudah melakukan usaha pencarian dana seperti mengirimkan proposal pengajuan sponsor kepada perusahaan-perusahaan besar dan pihak panitia, tampil di beberapa acara seperti Car Free Day dan acara Menteri Kehutanan juga menarik iuran dari pasukan untuk menutupi biaya perindividunya.

Disamping itu Tepi juga mengaku bahwa sulit mencari tempat latihan outdoor yang tidak mengganggu dan bentrok dengan UKM lain. Hal ini membuat latihan menjadi kurang maksimal.

Tepi berharap agar misi budaya ini dapat terlaksana karena MBUI sudah cukup lama tidak melakukan kegiatan ke luar negeri. “Dan akhirnya MBUI juga dapat membawa pulang prestasi yang nantinya pasti akan mengharumkan nama UI dan Indonesia,” ungkapnya.

Teks : Agustina Pringganti


Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *