Nonton Oke: Blockbuster (Part 2) – Formula

Ditulis oleh admin web   // Maret 8, 2012   // 0 komentar

Di musim panas, banyak penonton yang berbondong-bondong datang ke bioskop terdekat untuk menonton film-film seru yang berjejalan rilis dalam waktu yang berdekata. Hal ini terjadi berkat formula jitu yang diramu oleh banyak perusahaan film dunia untuk menghasilkan tontonan yang menarik, dan itu semuanya bukan strategi yang otentik, namun terbukti berhasil diaplikasikan. Berikut adalah beberapa strateg jitu tersebut:

1.  No Oscar Material. Orang yang mengaku ‘ngerti film’ atau lebih suka menonton film serius, biasanya mencibir habis-habisan film summer blockbuster. Di kalangan kritisi, termasuk para juri Oscar, film jenis kurang populer. Banyak film musim panas memang kurang ‘dalam’ dari sisi cerita dan akting, tapi jujur diakui memang berhasil memanjakan mata dan telingan dengan berbagai aksi dan efek yang sangat menakjubkan. Terkadang akibat berbagai hal ini, saya sendiri sering ‘memaafkan’ jalan cerita yang buruk karena telah merasa sangat terhibur dengan visual dan audio yang ditampilkan dengan sangat keren.

2.  Science fiction and fantasy. Jangan heran kalau kita susah menemukan film drama dalam daftar rilis di genre film ini. Kebanyakan tema yang diusung memang science fiction (fiksi ilmiah) dan fantasi. Lihat saja jejeran summer blockbuster movies yang menjadi andalan seperti rangkaian episode Harry Potter, trilogi sukses The Lord Of The Rings, hingga Avatar yang hingga detik ini masih menjadi posisi film terlaris sepanjang masa. Ya, walaupun ada sedikit pengecualian untuk film Titanic yang bergenre drama dan juga salah satu film terlaris sepanjang masa yang rilis di musim panas tahun 1997 silam. Walaupun mungkin Leonardo Dicaprio yang kala itu menjadi pujaan banyak perempuan di seluruh dunia sebagai pengecualiannya, namun tidak dapat dipungkiri pula bahwa film tersebut dipenuhi efek nan canggih dan budget yang luar biasa besar.

3.  The bigger, the better. Para produser film dunia lebih suka menjaring penonton dari berbagai lapisan usia karena (mudah ditebak) dengan harapan dapat mendatangkan pemasukan yang lebih besar pula. Karena kebanyakan summer blockbuster movies menganggarkan uang yang sangat besar dalam produksinya, sehingga wajar hitung-hitungan bisnis menjadi poin utama disini. Namun ada hal menarik ketika berbicara tentang film berpenghasilan terbesar sepanjang masa. Serempak pasti kita menyebut Avatar sebagai film terlaris sepanjang masa, namun khusus untuk film di musim panas saja hanya Dark Night yang menjadi rajanya. Kenapa demikian? Karena film Dark Knight hanya diputar selama satu bulan saja di musim panas, namun Avatar disebut pengecualian karena setelah musim panas pun, masih ada banyak negara di dunia yang memutar film ini sehingga walaupun penghasilannya terbesar, namun tidak seratus persen murni film yang diputar di musim panas saja. Lebih hebatnya lagi, film Dark Night juga berhasil meraih dua Oscar di tahun 2009 sebagai film terbaik dan aktor pembantu terbaik untuk toko Joker yang diperankan oleh mendiang Heath Ledger. Menariknya lagi, banyak orang yang berpendapat bahwa kesuksesan film ini justru banyak dipengaruhi oleh kematian Heath Ledger yang sangat kontroversial. Tapi buat saya memang jujur mengakui film ini sangat menarik dan total.


Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *