Talkshow dan Lomba News Anchor Pekan Komunikasi UI 2012

Ditulis oleh admin web   // Maret 8, 2012   // 0 komentar

Pekom-Jurnal

Salah satu rangkaian acara Pekan Komunikasi UI 2012 adalah Talkshow dan Lomba News Anchor. Kegiatan tersebut dilaksanakan pada 7 Maret 2012 di Ruang Cinema Room Perpustakaan Pusat Universitas Indonesia. Talkshow dan lomba news anchor merupakan bagian dari acara Journalight dari program studi Jurnalisme.

Acara diawali dengan talkshow bersama Ajeng Kamaratih (News Anchor RCTI) dan Ryan Wiedaryanto (Produser & News Anchor Indosiar) yang dimoderatori oleh Christian Dotulong (Mahasiswa Komunikasi 2008).

Talkshow tersebut bertema “Spread The News, Reach The Values”. Tema ini diambil untuk menekankan bahwa News-Anchor selayaknya tidak hanya bermodalkan wajah yang dinilai ‘cantik’ atau ‘tampan’ oleh stasiun televisi, tetapi harus memahami dan mengetahui tentang berita yang disampaikan serta nilai berita (news values) yang terkandung di dalamnya.

Acara kemudian berlanjut dengan Lomba News Anchor. 31 peserta lomba mempraktekan keahliannya dalam membacakan berita di hadapan tiga orang juri yakni Ajeng, Ryan dan Rosi Tri Pagiwati (Dosen Ilmu Komunkasi).

Lomba dilaksanakan dalam 2 sesi yakni penyisihan dan final. 31 orang peserta diseleksi menjadi 10 orang finalis. Selanjutnya 10 orang tersebut kembali beradu bakat untuk membacakan berita ringan secara berpasangan.

Menurut Pritta Miranda, salah satu peserta lomba, acara ini sangat bermanfaat.

“Kita jadi bisa cari pengalaman, bisa juga jadi ajang belajar buat mahasiswa. Apalagi kan aku emang belajar untuk jadi news anchor” ujar Pritta, mahasiswa Vokasi Komunikasi UI 2009.

Setelah lomba selesai, acara ditutup dengan makan siang dan sharing. Pengumuman pemenang akan dilaksanakan pada acara Commweekend, Jumat 9 Maret 2012.

Pekan Komunikasi merupakan rangkaian kegiatan yang dilaksanakan oleh Himpunan Ilmu Komunikasi Universitas Indonesia pada 5-9 Maret 2012. Pekan Komunikasi terdiri dari kegiatan seminar, workshop, dan kompetisi lima program studi Departemen Ilmu Komunikasi yakni Jurnalisme, Hubungan Masyarakat, Komunikasi Media, Industri Kreatif Penyiaran dan Periklanan. Acara tahunan ini mengangkat tema “Critical//Creative” untuk tahun 2012.

Teks: Shintiya

Foto: Shintiya


Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *