Strategi Kesma ‘Menyelamatkan’ Calon Mahasiswa Baru UI 2012

Ditulis oleh admin web   // Maret 12, 2012   // 0 komentar

Adanya jalur masuk PPKB bagi mahasiswa non reguler menuntut Kesejahteraan Mahasiswa”(Kesma) BEM UI dan Kesma BEM fakultas untuk bekerja ekstra dalam menyampaikan informasi. Jika pada tahun sebelumnya informasi yang disampaikan adalah informasi terkait BOPB, maka tahun ini informasi tentang perbedaan PPKB dan SNMPTN Undangan perlu disampaikan agar calon mahasiswa baru tidak salah pilih.

Perlu diketahui bahwa PPKB yang dibuka pada tahun ini adalah untuk mahasiswa non reguler, yaitu S1 Paralel, Vokasi dan Kelas Khusus Internasional (KKI).

Tika Dwi Ariyanti, Kadept Kesma BEM UI 2012, menyatakan akan melakukan koordinasi dengan seluruh Kesma BEM fakultas terkait hal tersebut melalui Kesma-link. Rencananya akan diadakan rapat bersama pada tanggal 12 Maret 2012 dengan salah satu agenda membahas tentang penerimaan mahasiswa baru termasuk kerjasama antara Kesma dengan Panitia Penerimaan Mahasiswa Baru UI. Sejauh ini, langkah yang telah ditempuh oleh Kesma adalah publikasi melalui dunia maya, baik lewat website, facebook, maupun twitter.

Informasi yang ada di website ayomasukui.com, yang telah aktif sejak tahun 2010, diakui Tika saat ini belum diperbarui dan sedang dalam proses perbaikan. “Halaman depannya tidak bisa dibuka karena kena hack”, ungkap Tika. Akan tetapi, untuk facebook dan twitter sudah aktif, yaitu @adkesma_bemui dan fanpage Adkesma BEM UI 2012.

Menggencarkan publikasi dan penyebaran informasi melalui dunia maya juga dilakukan oleh beberapa Kesma BEM fakultas. Ida Fauziah, Deputi Eksternal Kesma BEM FKM UI 2012, menyatakan bahwa Kesma BEM FKM memiliki program Care for Maba. Program ini sudah berjalan dari tahun-tahun sebelumnya. Pihaknya  juga pernah mengundang perwakilan siswa dari sekolah-sekolah di Jabodetabek untuk sosialisasi tentang BOPB. Ida berharap agar website ayomasukui.com segera diaktifkan kembali sehingga informasi BOPB dapat diketahui khususnya untuk calon mahasiswa S1 reguler.

Hal yang sama juga disampaikan oleh Kadept Kesma BEM FIK 2012, Zakiyyah Ahsanti. Pihaknya punya cara yang cukup ribet dalam memberikan informasi kepada para calon mahasiswa baru.

Setelah pengumuman hasil seleksi masuk, mereka mencari nomor pendaftaran di surat kabar, kemudian melihat satu per satu mahasiswa yang diterima di FIK, mencari akun Facebook-nya dan memasukkannya ke dalam satu grup yaitu Kesma BEM FIK. Selanjutnya informasi disampaikan melalui group tersebut.

Ipung L. Purwaka, Kepala Bidang Advokasi dan Politik BEM FMIPA UI 2012 merasa perlu memberikan informasi yang detail tentang perbedaan antara PPKB dan SNMPTN Undangan, mengingat FMIPA adalah fakultas yang memiliki program S1 Paralel.

Selain melalui internet, penyampaian informasi kepada para calon mahasiswa baru juga disampaikan kepada mahasiswa-mahasiswa FMIPA yang berasal dari paguyuban daerah. “Seperti itu kultur FMIPA,” ungkapnya.

Cara-cara tersebut ditempuh oleh pihak Kesma untuk ‘menyelamatkan’ para calon mahasiswa baru UI dan menghindari adanya kesalahan informasi yang diperoleh. Dengan demikian diharapkan calon mahasiswa baru mengetahui informasi tentang BOPB bagi mahasiswa S1 Reguler dan perbedaan antara jalur PPKB dan SNMPTN Undangan sebagai jalur masuk UI.

 

Teks : Izzatun Nidaa


Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *