Kritisi Rencana Kenaikan BBM Harus Menyeluruh

Ditulis oleh admin web   // Maret 13, 2012   // 0 komentar

BSCLksSYzP

“Mahasiswa jangan hanya melihat kebijakan penaikan harga BBM dari sekadar harga, tetapi juga harus melihat keseluruhan paket kebijakan yang diambil pemerintah,”

Pernyataan tersebut disampaikan oleh Ruslan Nasrudin, Akademisi FE UI kepada mahasiswa yang hadir dalam diskusi Taman Makara Senin(12/3) lalu.

Ruslan memaparkan konsekuensi jika harga BBM dinaikan, “sektor utama pasti terkena dampak, harga-harga yang menunjang sektor utama pasti naik,” Ujar Ruslan.

Dari presentasi penelitian yang dilakukan sejumlah akademisi FE UI, jika subsidi BBM dicabut, Ada beberapa langkah alternatif pengalihan anggaran di beberapa sektor dalam APBN. Dua diantaranya adalah sektor pendidikan dan kesehatan serta sektor langsung.

Dalam sektor pendidikan dan kesehatan, Ruslan menyatakan bahwa pengalihan ke sektor ini bersifat investasi. “karena dampaknya berpengaruh kepada manusia sebagai kapital secara langsung.”

Sedangkan dalam sektor langsung dalam hal ini pemberian bantuan langsung tunai(BLT), Ruslan mengatakan bahwa sejauh ini pemberian BLT dapat digunakan sebagai upaya emergensi.

Namun disamping kebijakan dan dampaknya, Ruslan mengatakan bahwa ada faktor lain yang mempengaruhi optimalnya pelaksanaan kebijakan. “faktor lain seperti korupsi ataupun penyimpangan lain harus diperhatikan oleh mahasiswa,” ujarnya. “yang jelas, saran saya jangan sampai hanya berhenti di tataran diskusi semata,”tutup Ruslan mengakhiri pembicaraan.

Teks : Irfani Maqoma

Foto : Dok. Okezone.com


Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *