Membangun Sinergi gerakan berbasis Kompetensi untuk Pengabdian melalui IKM UI Summit 2012 1.0

Ditulis oleh admin web   // Maret 19, 2012   // 0 komentar

universitas_indonesia_100802143215

Diawali dengan persetujuan visi “Terwujudnya gerakan mahasiswa UI  yang Sinergis sesuai ranah Kompetensi untuk Pengabdian bagi UI dan Indonesia” IKM UI Summit 2012 1.0 menjadi wadah pembahasan isu bagi 14 lembaga eksekutif dan beberapa perwakilan unit kegiatan mahasiswa di UI.

Jumat (16/3) hingga Minggu (18/3) puluhan mahasiswa UI berjaket almamater dikumpulkan dalam satu forum, IKM UI Summit 2012 1.0, sebagai representasi dari Badan Eksekutif Mahasiswa di seluruh fakultas dan beberapa Unit Kegiatan Mahasiswa di Universitas Indonesia.

Acara yang diinisiasi oleh Badan Eksekutif Mahasiswa UI ini secara umum bertujuan untuk mensinergikan arah gerakan tiap-tiap lembaga eksekutif dan unit kegiatan mahasiswa sehingga nantinya tidak ada tumpang tindih arah gerakan antara satu lembaga dengan lembaga lainnya yang ada di kampus.

Sedianya acara IKM UI Summit 2012 ini tidak hanya akan diadakan satu kali selama tahun 2012, akan ada pelaksanaan yang kedua dan ketiga selama setahun kepengurusan. Esensinya adalah evaluasi dari hal-hal yang telah dirumuskan dan dijalankan dalam pelaksanaan yang pertama.

Pada hari pertama, para peserta akan dihadapkan dengan persetujuan tata tertib dan aturan-aturan tertentu. Hari kedua dilanjutkan dengan pembahasan isu-isu gerakan, para peserta akan dibagi menjadi beberapa komisi khusus mencakup Komisi Advokasi Kesejahteraan Mahasiswa, Komisi Seni Budaya, Komisi Olahraga, Komisi Sosal Kemasyarakatan-Lingkungan, Komisi Keilmuan, dan Komisi Kajian Aksi Strategis, dan mereka akan melakukan pembahasan isu dan persetujuan isu yang diangkat untuk nantinya dipresentasikan ke seluruh peserta dalam sidang pleno pada hari terakhir.

Pelaksanaan pada tahun ini memiliki sedikit perbedaan dengan tahun lalu, dimana BEM UI sebagai koordinator acara tahun ini turut mengikutsertakan perwakilan unit kegiatan mahasiswa dalam forum pembahasan ini, meskipun pada realisasinya forum ini belum mampu menggerakan lembaga tersebut untuk berdiskusi bersama, terlihat dari rendahnya tingkat kehadiran perwakilan UKM dan data yang dimilik tentang UKM yang ada di Universitas Indonesia.

 

Teks : Tubagus Ramadhan

 


Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *