Festival Korean Culture Day Universitas Indonesia 2012

Ditulis oleh admin web   // Maret 21, 2012   // 0 komentar

korean

Korean Culture Day Universitas Indonesia (KCD UI) merupakan festival tahunan yang diselenggarakan oleh Program Studi Bahasa dan Kebudayaan Korea UI. Menurut penuturan  Serly Kusumadewi, PO KCD 2012 menjelaskan bahwa diselenggarakannya festival KCD ialah untuk mempererat hubungan antara pemerintah Republik Indonesia (RI) dan Korea Selatan (Korsel).

Pada tahun 2012 ini, KCD diselenggarakan pada tanggal 17 Maret di Balairung UI yang berlangsung dari pagi hingga sore hari. KCD tahun ini dibagi dalam genre budaya seni tradisonal dan modern, untuk yang tradisional di tampilkan tari Saman dan Arumba yang khas Indonesia, tari tradisional Korsel Buchaechum, musik tradisional Korsel Samulnori, Talchum, dan fashion show baju Hanbok.

Sedangkan, genre seni modern ditampilkan cover dance, group band, solois, dan 2 grup nyanyi wanita. Cover dance yang tampil pertama adalah NEST yang nge-dance lagu boy band Korea Beast dan girl band T-ara. Lalu, dilanjutkan Dandyu yang menyanyikan lagu berjudul “I’m The Best” dari 2NEI, YBLAQ yang nge-dance K-pop MBLAQ, penampilan dari Ruang Kaca Entertainment, Rosemary Marian yang menyanyikan lagu CN Blue, suara memukau dari Navichi, dan penampilan puncak dari M-Over dan HI-SAM.

Ada yang berbeda dari dari festival KCD tahun ini dan tahun sebelumnya, KCD tahun ini menambahkan penampilan musik klasik dan seriosa. Selain itu, Serly menjelaskan, “Bedanya sama tahun kemarin-kemarin, untuk tahun ini sebelum acara KCD, kami mengadakan Road to KCD atau Korea Mini Fair bulan Oktober kemarin. Selain itu ada pameran yang mendapat bantuan dari KCCI, KCCI itu Korean Cultural Center Indonesia.”

“Acaranya lebih bagus dari tahun lalu, cuma ga enak aja duduknya di lantai sedangkan undangan duduknya di kursi, padahalkan kita juga bayar buat masuk ke sini,” tutur Rinchi salah satu pengunjung KCD yang juga mahasiswa UI. “Acaranya dari ketahun ke tahun semakin bagus. KCD kali ini tertata sekali, variatif dan tertib. KCD-nya enak diadakannya di Balairung, gede, enggak sempit,” tutur Hain yang juga mahasiswa Akuntansi UI. Hal yang berbeda juga adalah di akhir acara ada door prize berhadiah sebuah  handphone Blackberry.

Selain konten acara yang lebih variatif, ternyata pengunjungnya pun variatif. Selain  dari mahasiswa, hadir juga murid-murid SD, SMP, SMA, bahkan ibu-ibu rumah tangga. “Dua anak cowok  saya suka Korea, terus saya diajak ke sini, kebetulan saya juga penggemar drama Korea, ya saya sih mau aja. Acaranya seru juga,” tutur Tintin, salah seorang pengunjung yang merupakan ibu rumah tangga. KCD tahun ini berlangsung sukses, hampir setiap penampilan selalu mengundang teriakan histeris dari penonton yang semakin sore semakin banyak dan umumnya adalah perempuan. “saya berharap KCD terus diadakan, seru soalnya,” tutur Icha, pengunjung yang masih bersekolah kelas delapan SMP.

Teks : Hurun’in Q.A,


Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *