The Raid: Film Indonesia ke Pentas Dunia

Ditulis oleh admin web   // Maret 27, 2012   // 0 komentar

the-raid scene 2

Jenis Film : Action
Produser : Ario Sagantoro
Produksi : PT. MERANTAU FILMS
Sutradara : Gareth Huw Evans
Pemeran : Iko UwaisRay Sahetapy, Joe TaslimDonny AlamsyahYayan Ruhian, Pierre GrunoTegar Satrya

Setelah sukses dengan film Merantau, sutradara asal Inggris Gareth Evans kembali menggebrak dunia perfilman tanah air dengan menghadirkan The Raid. Kali ini Gareth Evans mengemas film berpatron laga dengan seni beladiri pencak silat yang menegangkan dan menghibur.

Film yang dibintangi oleh Iko Uwais (Rama), Yayan (Mad Dog), dan Donny Alamsyah (Andi) ini bercerita tentang penyerbuan yang dilakukan oleh dua puluh orang pasukan khusus ke dalam sebuah gedung yang merupakan markas penjahat kelas kakap. Misi penyerbuan ke gedung tiga puluh lantai tersebut tidaklah mudah karena selama ini gedung tersebut tidak pernah terjamah oleh siapa pun. Selain itu, gedung yang dihuni oleh banyak pelaku kejahatan seperti pembunuh dan pemerkosa itu dipimpin oleh seorang penjahat kelas kakap bernama Tama (Ray Sahetapy).

Mengingat di Indonesia sendiri film bergenre aksi laga masih jarang, The Raid menyajikan sesuatu yang baru dan menarik bagi penikmatnya. Suguhan sensasi visual yang dibalut apik dalam gambar berwarna ‘basah’ menyajikan kesan ‘berani’ dalam film ini. Selain itu, yang tak kalah menarik tentunya adalah soal ramuan jitu Iko Uwais dan Yayan Ruhiyan terkait koreografi pertarungan yang mencakup hampir 80% dari keseluruhan film. Dengan proporsi adegan pertarungan yang panjang tersebut sutradara Gareth Evans berhasil membuat penonton diliputi ketegangan sepanjang film diputar.

The Raid memang patut diacungi jempol karena berbagai prestasi yang berhasil ditorehkannya. Sebut saja scoring yang dilakukan oleh Mike Shinoda, personel Linkin Park, berhasil memperoleh penghargaan “The Cadillac People’s Choice Award” untuk kategori Midnight Madness dalam ajang Toronto Internasional Film Festival 2011 (TIIF). Selain meraih The Best Film sekaligus Audience Award – Jameson Dublin International Film Festival 2012, The Raid juga menjadi film laga pertama asal Indonesia yang dirilis secara serentak di Indonesia, Amerika, Australia, dan Kanada. Tidak hanya itu, kabarnya film ini juga akan diremake oleh Screen Gems, perusahaan film asal Amerika.

Sungguh menarik kisah sukses yang ditorehkan oleh The Raid. Tentunya hal yang menjadi harapan kita bersama adalah film The Raid mampu mengharumkan nama Indonesia di pentas dunia dan memacu sineas tanah air lainnya untuk mengikuti rekam jejak The Raid.

Teks : Arief Hanifan

DLH BEM UI : Kami Tidak Tahu Soal Pembangunan Driving Range UI


Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *