PRESS RELEASE TOENAS 2012

Ditulis oleh admin web   // Maret 29, 2012   // 1 komentar

Kondisi riil pendidikan di Indonesia seperti yang dituliskan di Suara Pembaharuan, Kamis 4 Agustus 2011, masih terdapat anak Indonesia yang putus sekolah, jumlah anak SD sampai SMA yang putus sekolah pada 2010 mencapai 1,08 juta. Angka itu melonjak lebih dari 30 persen dibanding tahun sebelumnya yang hanya 750.000 siswa. Tak hanya itu, masih ada 3,03 juta siswa yang tak bisa melanjutkan pendidikan ke jenjang SMP, SMA, dan perguruan tinggi.  Setiap tahun puluhan ribu lulusan SMA dan sederajatnya berkompetisi untuk mendapatkan satu kursi di PTN favorit. Namun masih ada saja siswa yang tidak lulus disebabkan karena kurang siapnya siswa menghadapi seleksi SNMPTN. Beastudi Etos Dompet Dhuafa, mencoba menjawab tantangan ini. Sebagai salah satu program dari Beastudi Indonesia Dompet Dhuafa (BI-DD), Beastudi Etos menginisiasi sebuah event bertajuk TOENAS (Try Out Etos Nasional).

Acara ini diselenggarakan untuk kedua kalinya, setelah tahun 2011 diikuti oleh 8.900 peserta. Pada tahun kali ini TOENAS akan dilaksanakan pada hari Minggu, 25 Maret 2012 dengan jumlah peserta 12575 orang dan dihadiri oleh beberapa perwakilan tokoh daerah. TOENAS juga adalah simulasi ujian masuk PTN satu-satunya di Indonesia secara nasional, dan diselenggarakan serempak di sebelas wilayah Indonesia, yaitu Padang, Jakarta, Bandung, Bogor, Semarang, Jogjakarta, Malang, Surabaya, Makasar, Medan,dan Samarinda. Pelaksana acara ini adalah penerima manfaat Beastudi Etos (Etoser) di kampus-kampus ternama di sebelas wilayah tersebut, yaitu UNAND, UI, ITB, UNPAD, IPB, UNDIP, UGM, UNIBRAW, ITS, UNAIR, UNHAS, USU, UNMUL .

Di Jakarta, TOENAS selenggrakan diselenggarakan di dua tempat yaitu di FMIPA Universitas Indonesia dan Mesjid Ukhuwah Islamiah Universitas Indonesia dengan di hadiri oleh 2413 peserta. Selain simulasi ujian masuk PTN, para peserta TOENAS juga akan difasilitasi dengan pembahasan soal dan metode perangkingan nasional dari Nurul Fikri. Peserta juga menikmati acara AMT dan Journey UI (jalan-jalan keliling UI). Selain itu untuk meramaikan acara kami juga menyelenggarkan Bazaar Beastudi Etos,Bazaar Adkesma BEM UI,Zona Almamater (Foto bersama almamater seluruh Indonesia), Zona Konseling dan doorprize menarik. Puluhan ribu siswa kelas 3 SMA telah terdaftar menjadi peserta TOENAS. Terdapat juga beasiswa SNMPTN bagi para peserta dhuafa. Inilah sumbangsih generasi muda bangsa. Try out akbar, serentak, dan nasional, satu-satunya di nusantara. Semoga menjadi inspirasi bagi lebih banyak orang untuk berbuat lebih banyak, bagi perbaikan kualitas pendidikan Indonesia.


Berita Terkait

1 KOMENTAR

  1. By SNMPTN 2012, Oktober 18, 3807

    wah , to oesnas menggema kembali di tahun ini…

    Balas

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *