Sulaiman: Ada Kemiripan antara RUU PT dengan UU BHP

Ditulis oleh admin web   // April 2, 2012   // 0 komentar

konsep

RUU PT yang akan disahkan pada 5 April mendatang dinilai oleh beberapa kalangan mempunyai kesamaan dengan UU BHP yang dibatalkan oleh MK tahun 2010 lalu. Salah satunya adalah alumnus FH UI Sulaiman Sujono.

Ada 2 poin antara RUU PT dan UU BHP yang dinilai oleh Sulaiman mempunyai kesamaan yakni pengaturan status hukum dan minimalisasi peran negara.

“Dalam UU BHP mengatur penyeragaman tingkatan pendidikan menjadi Badan Hukum, sedangkan dalam RUU PT juga diatur tentang universitas sebagai Badan Hukum,” ujar alumnus FH yang juga bekerja di Komisi Hukum Nasional ini.

Kesamaan kedua adalah minimalisasi peran negara. Sulaiman menegaskan bahwa antara status otonomi kampus yang diatur dalam RUU PT dan UU BHP sama-sama menyerahkan sebagian besar kewenangan penyelenggaraan pendidikan kepada lembaga pendidikan, khususnya dalam hal ini pendidikan tinggi. “yang jelas ada pengecilan peran negara dalam penyelenggaraan pendidikan,” tukas Sulaiman.

Persamaan inilah yang membuat beberapa kalangan belum menyetujui RUU PT. Alldo Felix, wakil ketua BEM FH UI, juga menyatakan ketidaksetujuannya atas substansi yang terkandung dalam RUU tersebut. “kami siap uji materi ke Mahkamah Konstitusi jika RUU PT disahkan,” ujar Alldo.

Teks : Irfani Maqoma


Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *