Press Release Festival Timur Tengah 2012

Ditulis oleh admin web   // April 12, 2012   // 0 komentar

300 200

Festival Timur Tengah 2012

“Meraih Semangat Peradaban Timur Tengah”

Festival Timur Tengah (FTT) merupakan annual event tingkat nasional yang diadakan oleh mahasiswa program studi Arab Universitas Indonesia sejak tahun 2009. FTT selalu menjadikan Timur Tengah sebagai ikonnya dan menampilkan gambaran singkat mengenai seni, budaya, dan sosiokultural masyarakat Timur Tengah yang beragam dan menarik. Hal tersebut diharapkan dapat memberi pengetahuan tambahan tentang Timur Tengah bagi orang-orang yang memang berkecimpung di bidang ini, maupun orang yang awam tentang Timur Tengah sekalipun.

Dengan mengangkat tema “Meraih Semangat Peradaban Timur Tengah”, FTT 2012 akan membawa kontributor, partisipan, dan masyarakat agar menjadi lebih dekat dengan peradaban Timur Tengah, dimulai dari bahasa, gaya hidup, kesenian, hingga arsitekturnya. Festival Timur Tengah akan diadakan pada tanggal 16-18 April 2012 di Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya
(FIB) UI.

Festival Timur Tengah akan menampilkan seminar tentang Peradaban Timur Tengah, kuliah umum dan seminar dalam bidang linguistik, pameran fotografi oleh Galeri Foto Jurnalistik Antara, peragaan busana khas timur tengah, festival musik arab, beauty and hijab class, yang seluruh konten acara didukung dengan desain artistik khas Timur Tengah.

Seminar tentang peradaban Timur Tengah dengan tema “Format Pergerakan dan Peradaban Bangsa Arab Saat Ini dan Pengaruh Dinasti Turki Ustmani Pasca Keruntuhannya” akan diisi oleh Hamdan Basyar dan Dr. Lutfi. Sedangkan seminar linguistik “Unsur Linguistik dalam Ayat Suci Al- Qur’an” akan dibawakan oleh seorang yang mempunyai kualilifisaki tinggi di bidang Linguistik dan juga pada bidang tafsir Al-Qur’an yaitu Prof.Dr. Quraish Shihab* dan dipandu juga oleh Dosen Linguistik Bahasa Arab Dr. Afdol Tharik. Adapun pada sesi hiburan, para peserta dan pengunjung FTT akan dihibur dengan beberapa tarian khas Timur Tengah seperti Modern Bellydance, Saidi, Shamadan, Raks Sharki, dan Khaleegy yang akan ditampilkan oleh Bellydance Jakarta.

Selain Festival, terdapat juga lomba yang dibagi menjadi tiga kategori, yaitu:

1. Kategori Mahasiswa: debat, pidato, baca puisi, essay dan presentasi.

2. Kategori Siswa: debat, pidato, baca puisi, dan story-telling.

3. Kategori Umum: lomba memasak, lomba makan kebab, lomba gambus band, menyanyi
dan kaligrafi.

* masih dalam tahap konfirmasi


Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *