Community Development, Sarana Pengabdian Mahasiswa

Ditulis oleh admin web   // April 20, 2012   // 0 komentar

pengabdian

“UI merupakan pionirr dari implementasi pengetahuan dan mencerminkan bukti nyata kontribusi mahasiswa di lingkungan kemasyarakatan misalnya ya kegiatan Community  Development ini,”

Pernyataan tersebut dilontarkan oleh Wawan Hernawan, Kepala Dinas Koperasi UMKM Jawa Barat dalam acara Talkshow yang bertajuk “Pengembangan Masyarakat Melalui Wirausaha UMKM” yang diadakan oleh BEM UI, Rabu 18 April lalu. Acara yang diadakan di Auditorium Gd. M FISIP ini ditujukan untuk memperkenalkan kegiatan program pemberdayaan masyarakat atau biasa disebut Community Development (ComDev) yang dilakukan oleh BEM di tiap-tiap fakultas di UI dan juga BEM UI.

Ada tiga perwakilan BEM fakultas yang mendapatkan kesempatan untuk mempresentasikan program mereka dalam acara tersebut yaitu BEM FE, F.Psi, dan FH. BEM FE hadir dengan ComDev Desa Binaan FE UI yang berlokasi di Kelurahan Rangkepan Jaya, Depok. Program yang telah dilaksanakan oleh FE sejak 2010 ini memfokuskan pembinaan di bidang kesehatan, pendidikan dan olah raga. BEM FPsi hadir dengan ComDev yang diberi nama Children of Heaven dan memberi pembinaan bagi pendidikan anak-anak di kawasan Pancoran Mas Depok. Sedangkan ComDev BEM FH memusatkan perhatian mereka terhadap warga yang tinggal di wilayah tanah sengketa yang berlokasi di Ciracas.

Talkshow tersebut juga menghadirkan Akbar Nikmatullah, mantan Ketua BEM FE UI 2010 yang pada hari itu mewakili BEM UI dalam program Desa Mandiri BEM UI. Akbar mengaku bahwa hal yang paling sulit dalam menjalankan program ComDev ini adalah dalam hal melakukan pendekatan pada masyarakat. “Masyarakat sebenarnya masih respect sama mahasiswa jika cara yang digunakan mahasiswa untuk melakukan pengabdian tersebut bisa bermanfaat,” ujarnya ketika ditanya mengenai tanggapan masyarakat mengenai pengabdian masyarakat yang dilakukan oleh mahasiswa. BEM UI pada kesempatan ini juga menghadirkan pameran hasil karya rajut dari ibu-ibu pengrajin di Kampung Gedong yang merupakan lokasi ComDev BEM UI diadakan.

Community Development sendiri sudah dilakukan oleh hampir seluruh fakultas di UI. Selain ketiga fakultas di atas dan BEM UI sendiri, FIB, FT, FK, FKM, dan  FIK juga turut melangsungkan program ComDev baik untuk membina masyarakat dalam bidang pendidikan dan kesehatan maupun memberdayakan kehidupan ekonomi masyarakat di sekitar lingkungan UI.

Teks : Amalia Astari


Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *