Menebar Pesona Budaya Indonesia di Ultah IKSI ke-35

Ditulis oleh admin web   // April 27, 2012   // 0 komentar

garuda-pesona_wallpaper

Indonesia Tebar Pesona yang diselenggarakan pada 24, 25 April lalu di Auditorium Gedung IX FIB UI, merupakan acara tahunan yang digelar oleh Ikatan Kekeluargaan Mahasiswa Prodi Indonesia (IKSI) sebagai  peringatan ulang tahun IKSI yang berdiri pada 15 April 1977.

Project Officer ITP 2012, Dio Adnan Farabi mengatakan di tahun yang ke-35 ini, IKSI mengangkat tema “Ketika Bhineka Menjadi Tunggal Ika” untuk menyemarakkan kembali keberagaman pesona yang ada di Indonesia melalui kreasi dan seni dengan mengadakan lomba. Seperti  lomba kreasi tari yang dimenangkan oleh Komunitas Tari Fisip, UKM Tari UNJ, dan SSB’S Talent of Tripidium. Lomba aransemen lagu daerah yang dimenangkan oleh Aman Perkusi, Mas Tok and Friends, dan R.E.M UI. Dan lomba modifikasi baju daerah yang dimenangkan oleh Andini Puspa Wardhani, Vera Andriyani Fitri, dan Yanke Maulana. Ada pula pameran budaya dan wisata  kuliner nusantara.

“Untuk menebar pesona Indonesia, dalam hal ini budaya-budayanya. Bagaimana keberagaman itu menjadi satu. Artinya keberagaman ini bukan dipaksakan menjadi satu tapi berdampingan dan tidak terjadi primordialisme,” ujar Project Officer ITP 2012, Dio Adnan Farabi.

Menurut Dio, antusiasme peserta sangat positif  karena acara ITP kali ini lebih berwarna dan beragam sebab pada tahun sebelumnya hanya terfokus pada acara musik saja. Begitupula dengan antuasisme penonton, “Walaupun ngga seramai JGTC atau Gelar Jepang  yang disini, tapi alhamdulillah lumayan ramai. Ada aja yang nonton” ungkap Dio.

Acara yang digelar non-profit ini berlangsung selama dua hari. Hari pertama diisi dengan penampilan lomba aransemen lagu daerah, pembacaan puisi dan penampilan dari Komunitas Silat Sastra.

Hari kedua diisi dengan penampilan peserta lomba kreasi tari dan modifikasi baju daerah, penampilan dari Sasina, dan pengumuman pemenang lomba. Di penghujung acara ada acara puncak pemotongan tumpeng oleh dosen prodi Indonesia, Dr. Untung Yuwono dan penampilan video testimoni dosen, ketua IKSI dan ketua biro-biro. Acara kemudian ditutup dengan penampilan dari Hamba Allah.

Teks : Agustina Pringganti


Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *