The 16th ALSA E-Comp, Semangat Membawa dan Menimba Pengetahuan Baru

Ditulis oleh admin web   // Mei 1, 2012   // 0 komentar

preview001

Melanjutkan kesuksesan acara E-comp sebelumnya ,tahun ini ALSA LCUI  mengadakan kembali The 16th ALSA National English Competition(E-Comp) 2012. ALSA E-Comp merupakan kompetisi bahasa inggris untuk mahasiswa dan pelajar SMA dari seluruh Indonesia. Dengan mengusung tema “Increase The Curiosity, Gain The Ability” diharapkan peserta yang ikut dalam kompetisi ini dapat meningkatkan rasa keingintahuannya yang akan membawa mereka pada pengetahuan baru. Acara ini terselanggara pada 26 – 1 mei 2012 yang bertempat di tiga lokasi , yaitu FH, FIB, dan FIK UI.

Terdapat delapan cabang lomba  yang diperlombakan pada kompetisi E comp tahun ini, yaitu Debate, Speech, News Casting, Spelling Bee, Battle of Brains, Story Telling, Paper Presentation, dan E-Comp Model United Nations (E-MUN). Semua cabang lomba dapat diikuti oleh seluruh peserta kecuali E-Comp Model United Nations atau E-MUN. E-MUN hanya diperuntukkan bagi pelajar SMA yang ingin mengetahui bagaimana cara berdiplomasi yang baik

E-comp dimulai pada Kamis, 26 april 2012 dengan acara opening ceremony dan technical meeting untuk seluruh lomba.. Dalam opening ceremony ditampilkan sebuah paduan suara dan perform perkusi dari mahasiswa fakultas hukum UI, kemudian juga disisi oleh salah seorang perwakilan dari departemen luar negeri guna membekali peseta dalam kemampuannya berkompetisi. Perlombaan E-comp sendiri dimulai  tanggal 27 april sampai tanggal 1 Mei.

Pada tanggal 1 Mei dilaksanakan final competition dan closing ceremony di Auditorium Fakultas Hukum Universitas Indonesia. Dalam acara ini tidak hanya ada berisi perlombaan saja , tapi juga ada Bazar yang  digelar di Fakultas Hukum UI . Acara E-comp ini terbuka untuk umum sehingga siapapun boleh datang hanya untuk sekadar melihat perlombaan maupun mengunjungi bazar yang telah disediakan.

Jumlah peserta yang ikut dalam kompetisi ini mencapai sekitar tujuh ratus peserta sehingga peserta tidak hanya dapat mengingkatkan kemampuannya dalam berbahasa inggris tapi juga dapat menambah relasi dengan peserta lain dari berbagai penjuru wilayah di Indonesia. “Tujuan dari acara E-Comp sendiri salah satunya adalah mengembangakan kemampuan bahasa inggris bagi para pesertanya jadi kami kayak menyediakan suatu wadah bagi para peserta untuk mengasah kemampuan berbahasa inggris mereka , selain itu memabah relasi diantara mereka juga dan membuat jaringan pertemanan.” Ujar Putu, Ketua Pelaksana acara.

Hal tersebut juga diungkapkan oleh Dayatri dan Rizal yang merupakan salah satu peserta E-comp yang berasal dari SMA 5 Karawang . Mereka mengakui bahwa Acara E-comp ini merupakan kompetisi terbesar yang mereka pernah ikuti, ” Ini lebih besar, kan kalo yang kemarin itu kan regional, kalo ini kan nasional . Tempatnya juga lebih besar”   ungkap Dayatri. Selain itu Rizal juga menambahkan bahwa banyak manfaat yang mereka dapatkan dalam kompetisi ini “Ketemu temen baru, dapet wawasan baru. Bisa ngelawan-ngelawan dari luar daerah kita sendiri. Kyk menempa diri kita lebih jauh lagi.”

Penyelenggaraan E-comp tahun ini agaknya berbeda dengan tahun sebelumnya. Tahun ini terdapat pre -event yang telah diselenggarakan pada tanggal 12 april 2012. .Dalam pre-event sendiri diadakan TOEFL simulation yang bekerja sama dengan LBI UI , Internal spelling bee dan scrabble competition yang dikhususkan untuk mahasiswa Fakultas Hukum UI.

Terakhir Putu juga mengucapkan selamat datang bagi para peserta E-comp 2012 , “Untuk para peserta selamat datang dan semoga para peserta mendapatkan pengalaman dan kemampuan sesuai dengan apa yang mereka inginkan.”

Teks : Permata Mis Lusitania

 

 


Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *