Gelas Teater dan Sastra FISIP UI 2012

Ditulis oleh admin web   // Mei 7, 2012   // 0 komentar

Kamis, 4 April 2012 FISIP diramaikan dengan acara Gelas Teater dan Satra yang merupakan program kerja dari Departemen Seni dan Budaya BEM FISIP UI 2012. Acara ini merupakan salah satu acara baru dari keseluruhan  rangkaian acara Gelas (Gelar Apresiasi Seni) yang terdiri dari Gelas Musik, Gelas Film, Gelas Tari, Gelas Maba, dan Gelas Teater dan Satra.

Acara yang diadakan di Teko alias Teater Kolam ini diawali dengan Talkshow yang temakan “Perempuan Biacara Sastra” dengan pembicara Intan Paramadhita dan Sihar Simatupang serta dimoderatori oleh Saras Dewi. Talkshow ini membahas tentang karya-karya sastra yang mengangkat perempuan sebagai bahasan utama yaitu mengenai posisi perempuan dalam konteks sosial, stigma yang membatasi penulis perempuan dalam berkarya, serta bagaimana perkembangan perempuan dalam dunia sastra pada era sekarang ini.

Setelah talkshow, acara dilanjukan dengan deklamasi puisi yang dibacakan oleh tiga orang deklamator yang mana dimaksudkan untuk menjadi wadah apresiasi, ekspresi, sekaligus edukasi bagi warga FISIP dalam aspek menampilkan puisi.

Acara ditutup dengan pementasan teater dengan judul “Selamat Jalan Anak Kufur”oleh komunitas paradoks. “Selamat Jalan Anak Kufur” bercerita tentang seorang pelacur yang tinggal di kawasan Pantai Utara Jawa (Pantura) dengan segala geliat kemesuman dalam praktik prostitusi dan benturan sosial yang ia alami. Lebih jauh lagi, pementasan yang disutradarai oleh M. Bagus Ade, Ilmu Politik 2010 ini menceritakan bagaimana kisah hidup  seorang pelacur yang pada umunya dianggap telah mempermalukan kaum wanita dengan mengkomodifikasi tubuhnya, tidaklah selamanya hina.

Namun dibalik semua itu, pementasan ini mengutarakan berbagai persoalan kesetaraan gender, sikap, kejujuran, serta cinta dibalik prostitusi pantura dengan latar serta dekorasi panggung yang dibuat sangat provokatif dan terlihat nyata.

Teks : Marcha Adiwara Prawita


Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *