Melihat Prestise Escargot yang Diremehkan

Ditulis oleh admin web   // Mei 14, 2012   // 0 komentar

Escargot

Escargot adalah nama sebuah sajian mewah asal Prancis yang berasal dari hewan yang sering dianggap remeh di Indonesia. Hewan tersebut adalah bekicot, yang pasti di benak mayoritas masyarakat Indonesia dianggap sebagai hewan yang menjijikkan. Namun, bagi masyarakat Prancis, hewan ini berharga sangat mahal ketika diolah menjadi escargot, bahkan konon menjadi perlambang prestise bagi para penikmat kuliner negeri pusat mode tersebut.

Sajian otentik dari negeri Prancis ini sangat sederhana penyajiannya, hanya berbumbu bawang putih saja sehingga lebih menonjolkan rasa asli bekicotnya. Terdengar biasa? Tapi jangan salah, harga per porsi escargot itu memiliki nominal lebih dari yang kita bayangkan. Biasanya harga jual satu porsi escargot sebagai hidangan pembuka di restoran-restoran premium Prancis sekitar Rp. 300 ribu-an. Yang membuat harga escargot mahal adalah pengolahannya yang tidak sembarangan dan memakan waktu proses yang lama. Konon, disebutkan bahwa escargot menjadi tolak ukur berkualitas atau tidaknya sebuah restoran otentik Prancis.
Menu escargot sekilas memang terlihat sederhana, namun ternyata proses pembuatannya sangat panjang sekali. Dimulai dari menyimpan bekicot hidup di kotak kayu dan membiarkannya berhari-hari tanpa makanan untuk menghilangkan racun-racun di lendirnya yang berasal dari unsur hara tanah. Setelah itu, bekicot kemudian direndam berkali-kali di dalam air untuk menghilangkan sisa-sisa lendir yang masih menempel. Setelah bersih, proses memasaknya pun juga sama panjangnya.
Di negeri asalnya, escargot dimasak pertama-tama dengan cara dimasukkan ke dalam tungku perapian dengan bara api yang panas dan kemudian dibolak-balik dengan menggunakan sekop sejenis metal tahan panas dengan ganggang kayu yang panjang. Butuh sekitar 2 hingga 3 jam untuk mengolahnya hingga matang. Selanjutnya escargot langsung disajikan di atas piring saji. Menu escargot yang paling terkenal adalah Escargot Bourgogne yang merupakan sajian khas desa Bourgogne di Prancis. Disajikan lengkap dengan cangkangnya sehingga menikmatinya pun cukup unik. Untuk menyantapnya, menggunakan garpu dan penjepit khusus.
Menu escargot tidak hanya terkenal sebagai hidangan otentik Prancis saja, di berbagai negara lain, menu escargot juga cukup disukai dan memiliki berbagai ciri khas yang unik dalam penyajiannya. Di Maroko, daging bekicot disajikan lengkap dengan cangkangnya dalam kuah yang kaya rempah. Lucunya, orang Maroko percaya bahwa sajian ini berkhasiat mendongkrak libido. Di Jepang, pengolahnnya sangat sederhana yaitu hanya dengan bumbu jahe, cuka dan pemanis.

Di Indonesia sendiri, yang notabene merupakan salah satu negeri pengekspor bekicot terbesar di dunia, dikenal dengan nama yang berbeda oleh berbagai daerah dan penyajiannya juga disesuaikan dengan lidah lokal. Ada yang disajikan sebagai sate, keripik, kemudian diolah dengan berbagai macam bumbu khas Indonesia. Ternyata bekicot itu tidak bisa dianggap remeh ya.

Happy Ferdian Syah Utomo

Diolah dari Sumber: Clara Magazine Indonesia, Guardian.co.uk


Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *