Siaran Pers : Presentasi 5 Besar PKM-M

Ditulis oleh admin web   // Mei 15, 2012   // 0 komentar

Selasa, 8 Mei 2012

Presentasi 5 Besar PKM-M

Melanjuti rangkaian acara LIMAS, hari kedua diadakan presentasi lima besar dari Program Kreativitas Mahasiswa Pengabdian Masyarakat. Presentasi dimulai jam 13.45, dan yang menjadi juri pada hari ini adalah Pak Semiarto Aji dan Mbak Evelyn Suleeman.

Kelompok pertama, diketuai oleh Herlin Rahma Fauzia dari jurusan Kesejahteraan Sosial berjudul “Gerakan Masyarakat Sadar Sekolah” dengan Program Ibu Pintar dan Ustadz Pintar. Pertanyaan dari Mbak Evelyn adalah mengenai sasaran Ibu Pintar ini mempunyai satu hambatan yakni solusi ke ibu-ibu di kalangan menengah bawah biasanya bersifat jangka pendek, dan kebiasaan masyarakat bawah dengan pola konsumsi tinggi tidak mudah dihilangkan dengan metode pelatihan yang rumit. Pak Aji juga mengomentari mengenai pembahasan utamanya harusnya lebih ke usaha peningkatan taraf ekonomi.

Kelompok kedua, dengan ketua Agung Budi Pratomo yang berasal dari Antropologi dan mempunyai judul “Pemberdayaan Kampung Lio dengan Bengkel CRAFT (Creativity From Trash)”. Mereka mengemukakan ide mengenai pelatihan sampah secara berkala, dengan fokus kepada aspek lingkungan, kesehatan, ekonomi, dan sosial. Pak Aji mengomentari mengenai aspek yang terlalu luas, dan anggarannya dipertanyakan. Mbak Evelyn mengomentari mengenai konsistensi dari teknis programnya jika bekerja sama dengan dinas, juga kualitas dari produknya juga harus menjangkau pasar yang besar. Kelompok penyaji menanggapi bahwa dana yang disiapkan disesuaikan dengan dana yang paling mungkin didapatkan, strategi yang digunakan  adalah dengan mengadakan pameran agar moralnya terangkat.

Kelompok ketiga merupakan kombinasi dari jurusan Politik, Administrasi, dan Kesejahteraan Sosial dan diketuai oleh Jiwo Damar dengan judul “Laskar Anti Korupsi”. Mereka mempunyai cara yang kreatif untuk menghilangkan budaya korupsi dengan menyosialisasikan nilai-nilai kejujuran dengan metode bermain dan belajar. Pada sesi tanya jawab, Mbak Evelyn mempertanyakan bagaimana cara menilai perilaku dari anak-anak yang telah diajarkan. Lalu Pak Aji menilai menggunakan metode dongeng merupakan cara yang sangat kreatif. Mereka menilai perilaku sebelum dan sesudah program dengan permainan menjebak, juga pengkajian dari kalangan akademis seperti dari mahasiswa Paramadina, FIB Universitas Indonesia.

Kelompok keempat merupakan kelompok dari jurusan Kesejahteraan Sosial dengan ketua Marcha Adiwara Prawita dengan judul “Gerakan Api Sahabatku”. Program ini berusaha mengefektifkan mitigasi bencana ketika terjadi kebakaran. Pak Aji mengemukakan dengan pola program yang ada partisipasinya masih dipertanyakan. Mbak Evelyn menambahkan bahwa harusnya tim tanggap bencana ditempatkan di tempat yang memang rawan.

Kelompok kelima merupakan kelompok dari jurusan Komunikasi dengan diketuai oleh Ardhaneswari A. H. P. mempunyai judul “Literasi Media Indonesia (LIMID) Inovasi Strategi Literasi Media Anak Usia Sekolah Dasar Terkait Penggunaan Internet Bidang Kegiatan”. Mereka berusaha menanamkan pengetahuan untuk memilah informasi di internet untuk anak-anak. Pak Aji mengomentari dengan menggunakan data terbaru juga dari wilayah yang terfokus lebih baik daripada data yang umum dan makro. Mbak Evelyn menanyakan mengenai kesulitan pengelolaan buletin. Kelompok penyaji menjawab dengan konsistensi berkala juga dengan cara alternatif dengan membuat e-book.


Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *