Selamat Datang Fakultas Ke-14, Fakultas Farmasi

Ditulis oleh admin web   // Mei 16, 2012   // 0 komentar

Sabtu, 12 Mei 2012 Departemen Farmasi resmi berganti statusnya menjadi Fakultas Farmasi.  Syukuran peresmian sendiri mengusung tema “A Milestone To World Class Faculty”, mengambil tempat di Balairung Universitas Indonesia. Seluruh sivitas Fakultas Farmasi turut hadir dalam perhelatan tersebut. Tidak hanya dosen, karyawan, serta mahasiswa aktif Farmasi, melainkan juga para alumni, Rektor Universitas Indonesia, Wakil Rektor, Dekan Fakultas dan beberapa tamu undangan. Tamu undangan sendiri diantaranya terdiri dari Dekan – Dekan Fakultas Farmasi di seluruh Indonesia, BPOM, Pertamina, dan turut hadir pula tamu istimewa yaitu Menteri Negara BUMN, Dahlan Iskan.

Acara dibuka dengan tarian selamat datang oleh mahasiswa Fakultas Farmasi. Dilanjutkan dengan sambutan dari Rektor UI, Prof. Dr. Dersoz. Gumilar Rusliwa Soemantri. Prosesi peresmian Fakultas Farmasi ditandai dengan pemukulan gong oleh Rektor didampingi Dekan Fakultas Farmasi, Prof. Dr. Yahdiana Harahap, MS., Apt. , dan Wakil Dekan FMIPA UI, Drs. Supriatna, M.T. Makara biru-hijau juga diresmikan sebagai warna makara Fakultas Farmasi.

Selanjutnya yaitu sambutan dari Dahlan Iskan, Menteri Negara Pemberdayaan BUMN. “2 hal di masa depan yang ditakuti orang Indonesia, yang pertama takut anaknya tidak pandai, dan yang kedua takut anaknya tidak sehat. Masa depan anda luar biasa hebat, karena seiring dengan tuntutan masa depan,” ujar Dahlan di sela – sela sambutannya yang disambut tepuk tangan riuh para mahasiswa farmasi yang hadir.  Dalam kesempatan itu dilakukan pula penyerahan peralatan LCMSMS dari Pertamina kepada Fakultas Farmasi. LCMSMS adalah alat yang digunakan untuk mengetes kadar obat dalam darah sekecil apapun. Peralatan ini disumbangkan senilai Rp 4 M.

Salah satu rangkaian prosesi yaitu Pelepasan Departemen Farmasi dari FMIPA UI secara simbolis, berupa pelepasan jakun Abdul Basith Fithroni, Ketua Himpunan Mahasiswa Farmasi, dengan makara biru – hitam, kemudian digantikan dengan jakun bermakara biru-hijau.

“Ini merupakan perjalanan panjang, ini baru sebuah awal,” ucap Dekan Fakultas Farmasi, Prof. Dr. Yahdiana Harahap, MS., Apt., dalam sambutannya. Berdirinya Farmasi sebagai fakultas selanjutnya digunakan guna menunjang pendirian Rumpun Ilmu Kesehatan yang terintegrasi di dalam lingkungan Universitas Indonesia, maka berdasarkan Keputusan Rektor Universitas Indonesia No. 2408 A/ SK / R/ 2011, tanggal 29 November 2011, tentang Pembukaan Fakultas Farmasi Universitas Indonesia, Departemen Farmasi FMIPA UI berubah menjadi Fakultas Farmasi Universitas Indonesia.

Hal ini juga diamini oleh Abdul Basith Fithroni, Ketua Himpunan Mahasiswa Farmasi, “Perjalanan yang tidak mudah dan juga tidak sebentar untuk akhirnya bisa menjadi sebuah fakultas. Harapan ke depannya semoga Fakultas Farmasi bisa lebih menunjukkan eksistensinya,” ujarnya.

Sedangkan mengenai status HMD Farmasi yang nantinya akan berubah menjadi BEM, diakui Basith hal ini juga telah dipersiapkan sejak lama. Yaitu dengan dibentuknya Panitia Delapan yang terdiri dari BPM Farmasi, perwakilan HMD, dan perwakilan tiap angkatan. Dimana panitia ini bertugas untuk menyusun Undang – Undang AD IKM Farmasi, sebagai dasar untuk kelembagaan mahasiswa di Fakultas Farmasi. Dan pada tanggal 19-20 Mei akan diadakan Musyawarah Mahasiswa membahas mengenai undang – undang AD IKM ini hingga pengesahan perubahan status HMD Farmasi menjadi BEM Fakultas Farmasi.

Teks : Ghaida Rahmah

 


Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *