Sukseskan Masyarakat Melalui Wirausaha Kreatif

Ditulis oleh admin web   // Mei 25, 2012   // 0 komentar

Siaran Pers Desa Binaan FE UI

Desbin (Desa Binaan) semakin menunjukan kesiapannya dalam membangun desa. Dalam periodenya kali  ini, desbin akan fokus mengembangkan bidang perekonomian dengan tetap memantau perkembangan program-program RUPIN yang sudah berjalan sejak periode sebelumnya. Bermacam program sudah dirancang dan siap dilaksanakan. Program-program ini merupakan program andalan hasil kreatifitas mahasiswa, yang diharapkan sukses dalam mengembangkan perekonomian Desa Rangkapan Jaya.

Serangkaian program dan acara telah dilaksanakan oleh Desa Binaan FEUI sejak tahun 2010. Pada periode sebelumnya, DESBIN begitulah nama yang melekat di kalangan masyarakat Rangkapan Jaya, sudah menyelanggarakan berbagai acara dengan fokus pada kesehatan dan pendidikan. Namun dalam periode kali ini, serangkaian program dan acara telah disusun dengan fokus pada ekonomi dengan tetap memantau perkembangan pendidikan di Desa tersebut.

Acara yang baru saja diselenggarakan oleh Desa Binaan FEUI adalah “Pelatihan Aneka Olahan Keripik”. Acara ini berlangsung pada Sabtu, 19 Mei 2012, pukul 09.00 s.d 12.00 WIB yang berlokasi di Kelurahan Rangkepan Jaya, Pancoran Mas Depok.

Acara ini sukses mencuri perhatian masyarakat, terbukti dengan banyaknya jumlah peserta yang datang untuk mendapatkan pelatihan.

Desa Binaan FEUI mengundang Ibu Kesi untuk memberi pelatihan dalam acara tersebut. Beliau merupakan seorang pengusaha aneka olahan keripik, yang sukses merintis usahanya dari dana bantuan untuk UKM masyarakat. Alasan kami memintanya menjadi pelatih dalam acara ini adalah untuk memberikan pengetahuan tambahan tentang pengolahan keripik, juga untuk memberikan semangat kepada masyarakat untuk mengembangkan usaha mereka.

Acara ini terdiri dari pelatihan, kemudian dilanjutkan dengan praktek membuat aneka olahan keripik. Ibu-ibu yang datang dibagi dalam beberapa kelompok, kemudian berlomba mempraktekan cara mengolah aneka keripik. Jenis keripik yang diolah diantaranya adalah keripik bayam, keripik pepaya, keripik tempe dan keripik pisang. Dengan diadakannya kegiatan lomba tersebut, diharapkan dapat meningkatkan semangat dan menambah pengetahuan ibu-ibu dalam mengolah aneka bahan menjadi keripik. Acara Pelatihan olahan aneka keripik yang diselenggarakan oleh Desa Binaan ini diramaikan oleh kehadiran ibu-ibu PKK desa Rangkapan Jaya RW 01. Masyarakat terlihat  sangat antusias. Antusiasme masyarakat terlihat dari jumlah peserta yang hadir dan mengikuti lomba. Kami berharap berharap acara pelatihan aneka olahan keripik ini dapat memberikan manfaat bagi warga setempat.


Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *