Menyadarkan Mahasiswa Seputar Masalah UI

Ditulis oleh admin web   // Juni 4, 2012   // 0 komentar

Senin(4/11) masyarakat Universitas Indonesia dikejutkan oleh terpasangnya baliho raksasa selebar 30x4 meter di depan stasiun UI. Baliho yang bertuliskan : ‘Besar? Ada masalah di UI yang jauh lebih besar dari sekadar baliho ini!’ tersebut dibuat oleh BEM UI untuk menyadarkan sivitas UI seputar masalah yang ada di kampus.

Iqbal, Kepala Departemen Pusat Gerakan BEM UI menuturkan empat permasalahan yang menjadi fokus penyadaran. Pertama adalah adanya indikasi korupsi di UI, “KPK sampai saat ini masih mengumpulkan bukti, tetapi indikasi ini akan terus kami pantau.”

Masalah kedua adalah Biaya Operasional Pendidikan(BOP) yang melenceng dari apa yang diperjanjikan. Iqbal menjelaskan ada penetapan target pengumpulan BOP di UI. “Apabila target semakin hari semakin naik, otomatis BOP akan naik, akhirnya BOPB menjadi melenceng dari sistem,” tukas Iqbal.

Masalah ketiga adalah transparansi UI. Iqbal mengaku sangat sulit meminta informasi kepada pihak universitas. “UI belum pernah mempublikasikan data-data seputar keuangan,” ujar Iqbal.

Maraknya pembangunan di UI pun menjadi masalah yang juga disorot. Iqbal menyatakan bahwa terlalu banyak pembangunan gedung-gedung megah di UI yang bermasalah. “Gedung-gedung besar dibangun, sedangkan fasilitas kecil terabaikan,” tutur Iqbal.

Irfani Maqoma

 


Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *