FISIP UI Berbagi, Melayani dan Menginspirasi Desa Rabak

Ditulis oleh admin web   // Juli 3, 2012   // 0 komentar

Untitled

Depok(20/06)-Program pelayanan kemasyarakatan yang diselenggarakan oleh BEM FISIP UI ini berlangsung pada tanggal 11 Juni hingga 13 Juni 2012.  Dusun Cikadu, Desa Rabak, Kecamatan Rumpin, Kabupaten Bogor merupakan daerah pelaksanaan pertama “Fisip Masuk Desa”. Hal ini didasari oleh berbagai permasalahan yaitu, kurangnya berbagai akses kebutuhan di Desa Rabak membuat pelayanan masyarakat terbagi dalam lima kegiatan pokok, yaitu di bidang kesehatan, pendidikan, kewirausahaan, hiburan, dan advokasi.

Peserta Fisip Masuk Desa (FMD) menetap di kediaman penduduk Desa Rabak dan melakukan serangkaian kegiatan yaitu, di bidang pendidikan beberapa kegiatan yang dilakukan adalah pemberian buku, sekolah ceria, dan civic education. Di bidang kesehatan terdapat pelayanan pemeriksaan kesehatan umum dan kesehatan ibu dan anak yang turut didukung oleh Bulan Sabit Merah Indonesia (BSMI). Sedangkan di bidang kewirausahaan peserta FMD dan penduduk setempat mengadakan rembuk desa yang membahas mengenai pentingnya kewirausahaan dan strategi pemasaran dengan pembicara, yaitu Tangan Di Atas (TDA) dan ada juga kegiatan program wirausaha 1 (Kuliner Keripik Pisang).

“FMD sendiri ingin menjadi stimulus mayarakat desa untuk bergerak secara mandiri dalam upaya pengembangan potensi daerahnya sendiri sehingga program wirausaha ini dirasa cukup penting,” ujar Project Officer Fisip Masuk Desa, Bayusoetta Jayahartono.

Dari segi advokasi peserta FISIP Masuk Desa melakukan pengapatan, pertemuan, dan tentunya penjatringan aspirasi warga Desa Rabak terkait minimnya fasilitas penunjang kegiatan belajar mengajar di dusun tersebut.

Tanpa melupakan segi hiburan, FMD juga menyajikan kegiatan yang tentunya dapat memberikan kebahagiaan bagi anak-anak di desa setempat. Hal ini dilakukan dengan melakukan kegiatan pembacaan dongeng anak dan penyelenggaraan games yang melibatkan mayoritas anak-anak.

Terakhir di bidang advokasi yaitu tim advokasi melakukan pengamatan dan pertemuan serta penjaringan aspirasi terhadap warga Desa Rabak terkait minimnya fasilitas penunjang kegiatan belajar mengajar di dusun tersebut.

Lebih dari sekedar memberikan dukungan moril dan materil kepada masyarakat setempat, diharapkan kegiatan ini dapat menjadi titik awal bagi mahasiswa untuk menguatkan kembali karakter kepedulian sosial yang dimiliki oleh masing-masing individu. Sehingga kedepannya kegiatan sosial berbasis kepedulian mahasiswa kepada masyarakat sekitar dapat lebih sering terwujud. (***)

https://mail-attachment.googleusercontent.com/attachment/u/0/?ui=2&ik=83e72b9192&view=att&th=138484d84a23198f&attid=0.1&disp=inline&realattid=f_h3bpn1jr0&safe=1&zw&saduie=AG9B_P-uCbWF_k0W3qKR9G2Z2yWp&sadet=1341312687819&sads=sOwtcd480DkMoUgdlAcVDPSDn1k

Untuk keterangan lebih lanjut hubungi :

Humas “Fisip Masuk Desa”

Togi Prakoso Andito

085694841293

togi.prakoso@yahoo.com / fmd.ui.2012@gmail.com


Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *