Proyek Kuliah Membawa Inovasi Menguntungkan

Mei 22, 2012   // 0 Komentar

beji-20111129-00045

Berawal dari proyek mata kuliah, Ekky, Septi dan mahasiswa Teknik Industri 2010 melakukan inovasi di internet center Perpustakan Pusat UI. “Awalnya itu dari proyek mata kuliah yang namanya Sistem Kualitas. Dalam mata kuliah ini kita dibagi menjadi kelompok-kelompok diwajibkan untuk mencari suatu sistem lalu mengimprovenya.”ungkap Tito, ketua himpunan teknik industri UI. Ada dua kelompok yang menjadikan perpustakan sebagai proyeknya yaitu, Ekky dan Septi.

Ekky memilih untuk melakukan proyeknya di Internet Center “Seperti penyakit aja, sebelum kita memutuskan untuk membuat improvement di internet center. Kita liat dulu gejalanya. Nah ternyata emang bener banyak mahasiswa yang belum mengetahui bagaimana cara mengoperasikan iMac. Jadi kami membuat SOPnya.” ujar Ekky.

Pihak Perpustakaan juga mengapresiasi inovasi tersebut. Perpustakan sendiri mengakui kalau memang ada masalah, namun pihak perpustakaan tidak memiliki SDM yang bisa mengatasi masalah tersebut “saya merasa senang sekali ya ada mahasiswa yang bisa membantu. Seharusnya hal itu memang menjadi tanggung jawab kami. Tetapi kami sedang fokus dalam membenahi buku-buku terlebih dahulu”ujar Ibu Clara, humas perpustakaan.

Semua ide berasal dari Ekky dan kawan-kawan. Tetapi perpustakaan tidak melepaskann tanggung jawabnya begitu saja. Perpustakaan tetap memodalkan semua inovasi yang dilakukan Ekky, seperti mencetak SOP dan menempelkannya di iMac.

Berbeda dengan Septi, dia lebih fokus ke denah dan sistem keamanan yang ada di perpustakaan. Untuk inovasi yang dilakukan oleh kelompok Septi belum bisa dilihat Karena sulitnya sistem keamanan UI. Inovasi tersebut harus dibawa ke rektorat terlebih dahulu untuk penyesuaian SOP.

Ternyata inovasi yang ingin dilakukan oleh Ekky ini mendapat tanggapan positif dari pengguna perpustakan. Dibuktikan dari hasil riset lapangan Septi Dkk, 43& pengguna merasa terbantu dengan  inovasi tersebut.

Teks : Lucky Indah Novindra Putri

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *